• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Mengapa Bayi yang Baru Lahir Sering Muntah? Simak Penyebab Bayi Gumoh

 on Jumat, 30 November 2018  

Bayi yang baru lahir rentan terhadap gumoh. Selain Anda yang harus lebih peduli, juga susu yang diberikan harus sesuai dengan kondisi bayi Anda saat ini. Gumoh dapat terjadi hingga bayi bisa mengangkat lehernya. Sebelum masa itu, muntah saat minum susu atau makan akan sering dialami. Oleh karenanya, simak penyebab bayi gumoh berikut.

Mengapa Bayi yang Baru Lahir Sering Muntah? Simak Penyebab Bayi Gumoh

Bentuk Katup Kerongkongan Belum Sempurna
Bayi yang baru lahir kondisi gumoh atau keluarnya cairan dari mulut bayi sangat sering terjadi. Tanda awalnya dengan meludah secara berlebihan dan akhirnya terjadi gumoh. Sebenarnya, hal ini berkaitan dengan pembentukan katup dari perut ke kerongkongan yang masih belum sempurna.

Katup inilah yang bekerja membuat semua cairan yang masuk dalam lambung. Pembentukan katup ini lebih sempurna hingga bayi berusia 4 bulan. Saat itu frekuensi akan jauh berkurang. Jika hal ini terjadi, Anda harus memberinya susu lebih sedikit agar bayi tidak muntah.

Menyusui yang Tidak Tepat
Cara menyusui yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab gumoh pada bayi. Cara menyusui harus dilakukan dengan beberapa metode. Pada bayi yang baru lahir maka menyusui sesuai dengan posisi yang nyaman untuk bayi. Meski bayi belum bisa menyangga lehernya sendiri, usahakan posisi bayi dalam keadaan nyaman agar tidak gumoh.

Cara menyusui ini bisa membuat bayi bisa menerima minuman dengan baik. Sistem pencernaan bayi masih sensitif terutama saat ada banyak minuman yang berlebihan dalam lambung dan juga saat ada banyak udara. Jangan sampai bayi hanya mengisap udara.

Sistem Pencernaan Bayi Belum Sempurna
Memberikan ASI sejak awal juga bagus bagi bayi. Namun sebenarnya otot bayi masih dalam tahap perkembangan. Bayi belum bisa mencerna ASI atau susu formula dengan baik. Reaksi gumoh sangat wajar karena bayi Anda ingin mengontrol minuman yang masuk ke pencernaan dengan baik. Kondisi ini biasanya akan membaik sesuai penambahan umur bayi.

Alergi Susu Sapi
Beberapa bayi tidak cocok minum susu sapi. Protein susu sapi memang tidak akan cocok untuk semua bayi. Ada bayi yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Akibatnya, setiap meminum susu si kecil akan muntah atau gumoh.

Jika Anda terus memberikan susu sapi, maka kondisi lambung bayi akan semakin memburuk. Sebaiknya hentikan konsumsi susu sapi dan beralih ke protein soya. Namun jika Anda masih ragu, bisa konsultasikan dengan doker yang mengerrti tentang penyebab bayi gumoh.

Bayi Tersedak
Saat Anda memberikan susu pada bayi dengan sangat cepat dan aliran yang keluar sangat besar, maka hal ini akan menyebabkan bayi gumoh. Susu yang masuk terlalu banyak juga bisa mengakibatkan masuk ke saluran kerongkongan dan menyebabkan tersedak. Kondisi ini cukup berbahaya bagi bayi.

Gumoh yang disertai tersedak bisa menyebabkan hal lebih buruk bagi bayi. Sehingga jika hal ini terjadi, hentikan member minum bayi dan segera tenangkan bayi Anda. Usahakan jangan sampai bayi melanjutkan sambil menangis, karena hal ini bisa memperparah keadaan.

Penyebab bayi gumoh sangat beragam. Lima penyebab tersebut sering dialami oleh bayi yang baru lahir. Kebanyakan dari mereka masih belum penyesuaian dengan lingkungan termasuk ASI yang diminum. Jadi, dalam tahap penyesuaian ini jangan memberikannya terlalu banyak susu.

Mengapa Bayi yang Baru Lahir Sering Muntah? Simak Penyebab Bayi Gumoh 4.5 5 Unknown Jumat, 30 November 2018 Bayi yang baru lahir rentan terhadap gumoh. Selain Anda yang harus lebih peduli, juga susu yang diberikan harus sesuai dengan kondisi bayi ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

J-Theme