• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Aktivitas Harian

 on Minggu, 29 Agustus 2021  

Sebagai pengguna motor, Anda harus menyiapkan kondisi motor yang prima untuk aktivitas harian. Persiapan ini termasuk mengecek kondisi ban motor sehingga mengetahui kapan harus membeli ban yang baru. Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda mendapatkan ban berkualitas untuk berkendara sehari-hari.

Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Aktivitas Harian

Menyesuaikan Ukuran Velg Motor

Ketika membeli ban baru, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran velg motor. Biasanya untuk motor modifikasi menggunakan ukuran velg yang lebih kecil atau sedikit lebih besar. Tapi, untuk aktivitas berkendara harian, sebaiknya pilih ban dengan ukuran velg standar pabrikan motor. Sebagai contoh adlah Ban FDR.

Jangan sampai salah memilih ukuran ban karena kesalahan memilih ukuran ban bisa menyebabkan terganggunya kenyamanan berkendara. Perbedaan ukuran ban dengan ukuran velg membuat komposisi menjadi kurang pas. Bahkan pengendaraan motor pun terasa kurang nyaman apalagi kalau Anda membawa beban berat seperti box motor.


Alur Ban

Selain ukuran ban, Anda juga perlu memperhatikan alur ban. Alur ban memegang peranan penting terutama untuk memecah genangan air saat berkendara di musim penghujan. Setiap tipe ban memiliki alur ban berbeda-beda.

Biasanya untuk ban depan didominasi oleh alur berupa garis tengah yang membujur. Sedangkan untuk ban belakang didominasi oleh alur menyamping. Desain alur ban motor seperti ini membuat motor mudah menerjang jalanan menggenang dan mengurangi resiko slip di jalanan basah.


Kompon Ban

Setidaknya ada 3 jenis kompon ban di pasaran yakni kompon ban lunak, kompon ban keras dan kompon ban sedang. Masing-masing kompon memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Umumnya kompon ban lunak yang bisa mencengkeram permukaan aspal maksimal dipakai di arena balap motor.

Kelemahan dari kompon lunak yakni lebih cepat tipis terutama ketika diajak melintasi jalanan yang kasar dan panas sehingga kurang cocok untuk motor harian. Sedangkan kompon ban keras cocok untuk melaju di jalanan kering dengan kecepatan standar.

Kompon ban keras lebih awet daripada kompon ban lunak namun memiliki potensi slip ketika diajak melintasi tikungan tajam. Kompon ban yang paling mudah ditemui yakni kompon ban sedang. Kompon ban ini menggabungkan karakter ban keras dan lunak sehingga cukup nyaman dan aman ketika diajak berkendara dengan kecepatan sampai 80 km/jam.


Jenis Ban

Setidaknya ada dua jenis ban motor yang bisa Anda gunakan yakni ban tubetype dan tubeless. Ban yang paling sering dipakai di motor bebek dengan velg jari-jari adalah tipe ban tubetype. Tipe ban ini terdiri dari ban luar dan ban dalam.

Sedangkan tipe ban yang digunakan pada motor dengan velg racing adalah ban tubeless. Ban tubeless lebih praktis karena berupa ban luar yang bisa langsung dipakai di velg motor tanpa ban dalam. Ban tubeless lebih mudah penangannya saat mengalami kebocoran sedangkan ban tubetype cukup merepotkan ketika mengalami kebocoran.

Harga kedua jenis ban tersebut juga berbeda. Ban tubetype umumnya lebih murah daripada ban tubeless. Tapi, ban ini lebih nyaman digunakan berkendara karena lebih empuk. Sedangkan ban tubeless yang keras cukup nyaman dipakai melintasi trek yang lurus, tapi harus berhati-hati saat melintasi tikungan karena tapak ban yang berukuran lebar.

Sekarang, Anda bisa membeli kedua jenis ban motor tersebut di situs jual beli online. Dengan membelinya secara online, Anda tidak akan kebingungan memilih ban karena ada banyak aneka jenis ban. Harganya pun bervariasi plus transaksi pembayarannya bisa dilakukan via transfer maupun e-banking sehingga lebih praktis dan cepat serta pastinya sangat aman.

Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Aktivitas Harian 4.5 5 Unknown Minggu, 29 Agustus 2021 Sebagai pengguna motor, Anda harus menyiapkan kondisi motor yang prima untuk aktivitas harian. Persiapan ini termasuk mengecek kondisi ban m...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

J-Theme